Panduan Keamanan

Semakin banyak belanja dilakukan secara online. Kami akan membantu pengguna menemukan produk dengan berbagai cara, kami ingin membantu pengguna belanja online dengan aman. Sebagian besar transaksi online dilakukan tanpa ada masalah, namun dalam beberapa kasus terdapat risiko, itulah sebabnya kami menuliskan kiat serta alat yang berguna yang dapat digunakan saat belanja online.

Kiat Keamanan

1. Jika tampak terlalu indah untuk menjadi nyata…: biasanya itu tidak benar. Bandingkan harga yang Anda lihat dengan barang di tempat lain. Jika harganya jauh berbeda, berhati-hatilah - pastikan Anda meneliti penjual dan ajukan pertanyaan tentang kondisi barang tersebut. Jika situs menawarkan produk dengan diskon besar, berisi susunan kata yang buruk, terdapat ejaan yang salah, dan menggunakan kualitas gambar yang buruk untuk situs resmi pemilik merek, kemungkinan situs tersebut menjual produk palsu. Berhati-hatilah, terkadang situs yang menjual produk palsu meniru situs pemilik merek dengan mencontoh tata letak serta menggunakan gambar yang serupa atau menggunakan nama domain yang menggabungkan merek.

2. Teliti penjual tak dikenal: Jika Anda belum pernah belanja dari suatu pedagang sebelumnya, periksa terlebih dahulu untuk memastikan keabsahannya. Misalnya, pelajari lebih lanjut tentang riwayat bisnis dan lakukan penelitian ulasan web dari pembeli lain yang memiliki pengalaman dengan penjual. Pedagang yang sah seharusnya menyediakan informasi kontak yang dapat dirujuk apabila ada pertanyaan atau masalah dengan transaksi Anda, yang dapat meliputi alamat fisik, nomor telepon kontak, atau alamat email. Banyak situs yang menjual produk palsu akan memiliki URL yang terlihat resmi, yang dapat meliputi frasa seperti diskon (merek).com atau (merek) resmi.com. Memeriksa Seluruh rekaman situs adalah suatu cara yang dapat mengungkap pemilik domain.

3. Gunakan metode pembayaran dengan perlindungan pembeli: Dalam banyak kasus, perusahaan kartu kredit membatasi kecenderungan pembelian online untuk menghindari penipuan. Beberapa sistem pembayaran online tidak membagikan nomor kartu kredit lengkap Anda kepada penjual guna memberikan perlindungan ekstra.

4. Baca catatan kakinya: Sebelum membeli, pastikan Anda tidak asing dengan pengiriman, garansi, dan kebijakan pengembalian penjual. Beberapa toko menawarkan pengembalian dana penuh, sementara yang lain mengenakan biaya proses pengembalian dan hanya memberikan kredit toko.

5. Simpan rekaman transaksi: Memiliki salinan digital atau cetak untuk transaksi yang besar dapat membantu jika Anda perlu melakukan pengembalian atau menggugat tagihan tidak sah yang dilakukan terhadap akun Anda.

6. Hindari situs yang diretas dan perhatikan bilah alamat browser : Jika Anda mengeklik tautan dan langsung dialihkan, situs tersebut mungkin telah diretas dan berisi perangkat lunak perusak. Perangkat lunak perusak, seperti virus, worm, dan Trojan horse, dapat memasang perangkat lunak tak diinginkan di komputer Anda secara diam-diam. Beberapa situs yang diretas tidak otomatis mengalihkan Anda ke laman lain, namun dapat berisi konten yang tidak relevan dan berisi spam pada lamannya. Suatu cara untuk tetap waspada adalah dengan memperhatikan bilah alamat guna memastikan tautan yang Anda klik membawa Anda ke situs yang dimaksud.

7. Pastikan sandi Anda cukup rumit: Jangan menggunakan sandi yang sama pada banyak akun, dan ingatlah untuk mengubah sandi secara rutin, khususnya jika merasa akun Anda berisiko. Periksa kiat selengkapnya tentang cara memilih sandi yang cerdas.

8. Hindari melakukan transaksi keuangan menggunakan komputer publik: Hindari masuk ke akun yang berisi informasi keuangan sensitif (seperti akun kartu kredit, bank, atau situs web niaga) menggunakan komputer publik atau komputer bersama. Jika Anda mengakses informasi tersebut menggunakan komputer publik atau komputer bersama, jangan lupa untuk sepenuhnya keluar dan menutup jendela browser setelah selesai.

9. Pastikan Anda memperoleh yang sesuai dengan yang dibeli: Setelah menerima barang, lakukan pemeriksaan singkat untuk memastikan semuanya sesuai dengan yang diharapkan. Semakin dini Anda berusaha menyelesaikan kasus penipuan, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan hasil yang positif.

Terakhir Diperbaruhi 1 tahun yang lalu
Hubungi Kami
Ngobral Ngobrol